https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN INSPIRATOR GAMBAR PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016 | Maharani | SURYA BAHTERA

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN INSPIRATOR GAMBAR PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Dian Maharani

Abstract


ABSTRAK: Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsi 1) penerapan pembelajaran menulis puisi melalui model pembelajaran contextual teaching and learning dengan inspirator gambar peristiwa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo; 2) pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan inspirator gambar peristiwa terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo; 3) peningkatan hasil kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo, setelah menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan inspirator gambar peristiwa. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian data digunakan teknik penyajian informal. DariĀ  penelitian ini dapat disimpulkan penerapan pembelajaran menulis puisi melalui model pembelajaran contextual teaching and learning dengan inspirator gambar peristiwa, meliputi: menerima amplop berisi gambar peristiwa, mengamati gambar peristiwa yang telah dibagikan, mengkreasikan imajinasi berdasarkan gambar peristiwa yang diterima ke dalam bentuk kata-kata, menyusun kata-kata tersebut menjadi bait-bait puisi. Pengaruh pembelajaran menulis puisi melalui model pembelajaran contextual teaching and learning dengan inspirator gambar peristiwa dapat dilihat dari hasil observasi tahap siklus I diketahui bahwa 62,5% aktif bertanya kepada guru pada siklus II menjadi 81,25%, keaktifan mengerjakan tugas pada siklus I adalah 78,125% pada siklus II menjadi 93,75%, fokus terhadap penjelasan guru pada siklus I adalah 71,875% pada siklus II menjadi 90,625%, antusias siswa terhadap proses pembelajaran pada siklus I adalah 65,625 pada siklus II menjadi 87,5%, dan bersikap positif saat proses pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil 59,375% pada siklus II menjadi 84,375%. Peningkatan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Purworejo terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rata-rata kelas siswa kelas VIII SMP negeri 4 Purworejo, yaitu pada prasiklus

63,5; siklus I sebesar 73,53; dan siklus II sebesar 79,53.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Puisi, Model Contextual Teaching and Learning, Gambar Peristiwa.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.